Buku ini memuat gagasan segar yang dilontarkan oelh penulisnya, berangkat dari keprihatinan terhadap krisis multidimensi yang melanda bangsa ini. Tema utama yang digagas buku ini adalah upaya yang sungguh-sungguh untuk mencari jalan keluar dari krisis multidimensi tersebut.
-
Buku Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang berupa lampiran Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini serta Kutipan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan mudah-mudahan bisa dijadikan pelengkap bagi pembaca dalam mengeksplorasi dan memahami isi buku ini.
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang paling rendah tingkatannya, tetapi memiliki makna yang laing tinggi dibandingkan satuan-satuan pendidikan lainnya. Dapat dikatakan disini bahwa keberhasilan sesorang dalam menempuh pendidikan dasar, menengah, dan tinggi sangat ditentukan oleh apa-apa yang diperoleh di PAUD
Dalam buku ini dikupas dengan lugas dan tuntas mulai dari perencanaan kegiatan pembelajaran, komponen sekolah sebagai sistem sosial, perencanaan media dan bahan foto-foto pembelajaran, perencanaan pembelajaran terpadu model sentra sampai dengan evaluasi perencanaan kegiatan pembelajaran anak usia dini.
Usia Dini atau orang lebih sering menyebutya sebagai usia emas (golden age), adalah masa-masa terpenting bagi tumbuhkembang anak. Pada usia ini, dimulai baik pertumbuhan organ-organ jasmani, kecerdasan dan karakter
Buku Dasar-Dasar Pendiidkan, Edisi 3 ini merupakan buku yang sangat diperlukan oleh guru yang bertugas mengajar di depan kelas. Bagi guru di semua jenjang, tingkat, dan jenis pendidikan tidak akan terlepas dari tugas membuat alat evaluasi yang merupakan tahap akhir dari proses pembelajar