Buku ini membahas mengenai berbagai model dan pendekatan pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan di kelas. Model-model ini relevan dengan penerapan kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 pada tingkat satuan pendidikan dan kurikulum
Buku ini berisi tentang: 1. Konsep Dasar Metode Penelitian Kombinasi 2. Metode Kuantitatif Survei 3. Metode Kuantitatif Eksperimen 4. Metode Kombinasi: a. Desain Sequential Explanatory b. Desain Sequential Exploratory c. Desain Concurrent Triangulation d. Desain Concurrent Embedded 5. Cara Membuat Proposal Penelitian 6. Cara Membuat Laporan Penelitian 7. Masing-masing diberikan contohnya
Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya. Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan dan wewenang untuk melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan dan implementasi kurikulum, pembelajaran, bimbingan siswa, dan manajemen pendidikan.
Pendidikan akidah harus ditanamkan kepada para generasi muda harapan bangsa. Akidah merupakan dasar keimanan seseorang yang harus ditanamkan kepada para generasi muda sejak ini. Hal ini harus dilakukan dalam meneruskan perjuangan agama islam. Hal ini selaras dengan teladan pada firman Allah diatas.